Dampak Buruk Lingkungan yang Berisik Bagi Kesehatan

Polusi memiliki banyak jenis. Bukan polusi udara, polusi air, polusi suara.

Polusi suara itu sendiri sering dialami oleh mereka yang tinggal di kota-kota besar. Dari bunyi klakson mobil, musik di tengah keramaian, atau kerapatan lingkungan Anda.

Tidak banyak yang tahu bahwa polusi akustik bisa menjadi bahaya kesehatan berikut seperti dikutip sehat itu aku.

Gangguan tidur
Hal pertama yang bisa terpengaruh karena kebisingan adalah waktu tidur anda. Mengapa Anda membutuhkan lingkungan yang tenang untuk tidur dengan damai, bukan?

Kurang tidur saja bisa menyebabkan terganggunya sistem endokrin, masalah kesehatan kardiovaskular, serta meningkatnya kadar stres.

Masalah jantung
Tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, dan penyakit jantung iskemik adalah contoh masalah jantung yang terjadi karena mereka hidup di lingkungan yang bising.

Tekanan darah tinggi
Terus-menerus di tempat yang bising dapat menyebabkan tekanan darah Anda meningkat. Ini terbukti dari penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang tinggal di tempat yang bising memiliki tekanan darah yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Gangguan Endokrin
Paparan kebisingan dengan intensitas tinggi bisa memicu produksi adrenalin dan tidak adrenalin di dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kadar kortisol darah meningkat, menyebabkan retensi cairan, pertambahan berat badan, kelelahan, penurunan sistem kekebalan tubuh, gagal jantung, dan stroke.

Masalah psikologis
Tingkat kebisingan yang tinggi juga bisa memicu gangguan kejiwaan serius. Alasan kebisingan akan membuat seseorang mudah cemas, argumentatif, cemas, dan tingkat kemarahan yang meningkat.

Perkembangan anak yang memburuk
Menurut sebuah penelitian, janin mampu merasakan suara dari luar dan menanggapinya. Kebisingan cenderung mempengaruhi produksi hormon dan bisa menyebabkan kelainan pada perkembangan anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percaya Mitos Bisa Membuat Ibu Hamil Kekurangan Gizi?

Sering Menggunakan Eyeliner? Waspada Risiko Kesehatan Ini